Sabtu, 09 Juli 2011

TIPS MERAWAT AKSESORIS PERAK

MEMELIHARA dan merawat aksesori perak tidaklah mudah. Butuh ketekunan dan kesabaran agar barang-barang kesayangan tetap indah warnanya. Apalagi merawat aksesoris perak. Ada kebiasaan dan godaan kita kurang merawat aksesoris perak karena ada anggapan perak adalah bahan perhiasan yang dipandang sebagai klas dua setelah emas. Tapi sebenarnya perak memiliki mutu yang lebih baik dibandingkan dengan bahan lainnya seperti monel, tembaga dll. Sayang kan kalau aksesoris perak yang semula bagus itu dan sudah kita beli dengan susah payah mengeluarkan uang, kemudian cepat rusak karena kita tidak merawatnya dengan baik.
Aksesoris perak akan semakin menjadi komoditi yang menarik dan menggiurkan sekaligus menguntungkan jika konsumen tahu merawat dan memperlakukan perak dengan baik. Salah satu hal yang penting diketahui adalah bahwa merawat perak tidak dapat disamakan dengan merawat emas. Emas lebih memiliki daya tahan dibandingkan perak yang lebih sensitif. Perak lebih mudah berubah warna dari bening metalik bersinar menjadi pudar kecoklatan dan hilang kilaunya.

Oleh karena itu gampang-gampang susah dalam merawat perak. Tips berikut ini adalah yang setidak-tidaknya perlu dilakukan baik untuk mencegah kerusakan maupun untuk merawat agar tahan lama.
  1. Tempatkan perhiasan perak terpisah dari perhiasan lainnya. Pemisahan ini dilakukan agar warna dari perak tidak memudar dan tidak rusak karena bergesekan dengan benda lainnya.
  2. Simpan di tempat yang kering dan hindarkan dari zat yang mengandung sulfur, menthol, zat chloride (air pada saat berenang), acid/asam. Penghindaran ini dilakukan agar perak tidak berubah warna. Perak juga dapat berubah warna menjadi kecoklat-coklatan atau kehitam-hitaman apabila terkena parfum secara langsung.
  3. Apabila warna perak berubah, warna tersebut dapat dikembalikan dengan cara menggosokkan pasta gigi berwarna putih ke aksesoris perak atau dengan menggunakan asam kelerak atau asam jawa atau cairan pembersih perak yang umumnya dijual di supermarket. Setelah menggosoknya sampai berkilat lagi, bilaslah dengan air hangat. Jangan lupa, setelah membilas, perak harus dilap dengan kain lembut supaya kering.
  4. Tips terakhir, bersihkan perak secara teratur agar warna tetap mengkilap.

Tidak ada komentar: