Selasa, 29 Maret 2011

Tips Memilih Domain Untuk Website


Identik, Nama Domain harus mewakili perusahaan, produk ataupun tema website Anda. Sebaiknya gunakan nama perusahaan atau produk sebagai nama domain, apabila untuk website pribadi, gunakan nama Anda sebagai nama domain.

Gunakan .com, pilihan extensi utama ketika anda memilih domain adalah .com karena lebih populer ketimbang extensi lainnya. Selajutnya apabila sudah terpakai, pilih .net, .org, .info, .biz dan lainnya. Kalo perlu, beli semua extensi yang ada dan forward ke satu website utama, hal ini untuk menjaga penyalahgunaan nama domain oleh orang lain. karena bisa saja orang menjatuhkan nama baik Anda atau website Anda dengan membuat website dengan nama sama dengan extensi yang berbeda.

Gampang diingat, pilih domain yang gampang di ingat, unik, dan mudah di ucapkan. Banyak website sukses dengan nama unik maupun kata-kata yang sering kita ucapkan sehari-hari, misalnya astaga.com, detik.com dll.

Jangan Terlalu Panjang, sama seperti nama pada umumnya, kalo namanya terlalu panjang, biasanya susah untuk di ingat, gunakan tanda “-” untuk pemisah untuk domain dengan dua suku kata atau lebih, atau karena sudah diambil orang, misalnya namadomain.com sudah diambil orang, coba alternative lain seperti nama-domain.com atau menggunakan extensi lain misalnya namadomain.net atau nama-domain.net

Sebelum membeli domain, sebaiknya pikirkan secara mendalam nama yang akan anda gunakan, Anda bisa mengecek apakah domain sudah dipake orang atau belum dengan langsung mengetikkan pada browser anda seperti ini http://whois.domaintools.com/namadomain.com . disitu anda juga bisa melihat siapa pemilik/ registrant domain yang Anda cari apabila sudah diambil orang lain.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh jga tuh tips nya...makasih ya...

Anonim mengatakan...

Tips nya OK, cuma kadang didunia maya, akan lebih menguntungkan jika memakai keyword yang berhubungan dengan bidang usaha, yang sudah familiar di telinga khalayak..
karena apa, kadang orang googling hanya berdasar kebutuhan mereka, palagi jika mereka belum mengenal nama2 perusahaan dibidang yang mereka cari.
Misal ;
Seseorang akan searching perusahaan yang bisa menangani pekerjaan bangunan gedung atau lainya, meskipun ada di internet sudah ada Nama sebuah perusahaan dibidang jasa konstruksi bangunan, misalnya PT SUKAR MAJU KONTRAKTOR, PT ABC KONSTRUKSI,
namun kenyataanya akan lebih menguntungkan jika Domain nya memakai keyword ; BANGUN RUMAH.COM, RENOVASI RUMAH.WEB.ID dll